Minggu, 11 Maret 2012

kamus bahasa Indonesia-Nias

Bahasa nias terbagi atas empat rumpun bahasa, yang memiliki sebagian bahasa yang berbeda, tetapi umumnya sama dan memiliki kemiripan, yaitu :
      -bahasa Nias selatan, digunakan oleh orang teluk dalam dan sekitarnya, dan  sebagian pulau telo        
      -bahasa Nias barat, digunakan oleh orang Nias barat dan hinako
      -bahasa pesisir, digunakan oleh orang pesisir, telo,
      -bahasa Nias utara, umumnya mampu digunakan seluruh orang nias

Kamus bahasa Indonesia-Nias ditulis atas dasar untuk memudahkan dalam menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya ke dalam bahasa Nias. Adapun kata dasar yang digunakan dalam kamus Indonesia-Nias ini adalah bahasa Nias utara yang biasa digunakan masyarakat Nias yang bermukim di gunung sitoli, ibukota kabupaten Nias. Karena bahasa ini mayoritas mampu digunakan oleh seluruh orang Nias. Ini bahasa pemersatu utara, selatan, barat, dan pesisir. Bahasa ini juga dipakai oleh kumpulan anak Nias diperantauan.

Dalam menyusun kamus ini, penulis berusaha menerjemahkan dengan bahasa Indonesia yang selugas mungkin, dan mendekati padanan katanya. Karena banyak kata-kata bahasa Nias yang tidak dapat diterjemahkan langsung, karena akan merubah maknanya.
Contoh : deu = hujan, toho = tombak; jika diterjemahkan langsung jadi :
              deu toho = hujan tombak
              tapi  terjemahan yang benar adalah : teu toho = hujan lebat

Orang yang terlahir bukan sebagai orang Nias, akan menemui kesulitan dalam pengucapan bahasa Nias, begitu pula sebaliknya, orang Nias yang baru belajar bahasa Indonesia, akan terdengar kurang-kurang huruf menggunakan bahasa Indonesia, hal ini disebabkan kebiasaan menggunakan bahasa tanpa penutup konsonan.

            Bahasa Nias adalah bahasa asli suku Nias. Walaupun tidak pernah dicatatkan dalam prasasti ataupun perkamen, bahasa Nias tidak pernah berubah, diturunkan turun-temurun, hanya mendapat beberapa kata serapan seiring kemajuan jaman. Uniknya, meskipun kata baru, selalu mengikuti tata bahasa Nias.
Contoh:  motor = honda (satu-satunya merk motor jaman itu, dijadikan kata tuk menyebut motor)

                        = hondra (cara pengucapannya)

.........................selengkapnya DOWNLOAD disini


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar